Begini Cara Mengumpulkan Uang Untuk DP Rumah

Rasanya tak ada orang yang tak menginginkan untuk memiliki rumah sendiri termasuk mereka yang masih berstatus single tetapi telah memiliki pekerjaan yang mapan. Tetapi harga property terutama di kota-kota besar yang luar biasa tinggi seringkali menjadi hambatan untuk memilih rumah impian. Padahal untuk  meringankan calon pemilik rumah sudah banyak kebijakan tentang besaran DP atau uang muka rumah. Tetapi bagi sebagian orang tetap saja aturan tersebut tak banyak membantu.

 

Panduan menabung untuk membayar DP rumah

Salah satu cara untuk merealisasikan rumah impian Anda tentu saja adalah menabung walaupun seringkali ini adalah solusi yang tak mudah dilakukan. Ini karena kita seringkali tergoda untuk menghabiskan uang untuk hal-hal lain yang tak terlalu penting. Yang paling penting adalah tekad untuk mendapatkan rumah idaman Anda. Nah, berikut ini beberapa panduan yang dapat membantu Anda.

 

Miliki rekening yang berbeda

Demi disiplin menabung Anda harus memiliki dua rekening yang berbeda, yang satu untuk operasional sehari-hari dan satunya khusus untuk tabungan. Anda bisa memanfaatkan fasilitas produk perbankan yang disebut tabungan jangka panjang sehingga Anda tak dapat mengambil uang simpanan tersebut sebelum jangka waktu yang ditentukan atau terkena penalty. Untuk penarikan dana pun dapat dilakukan dengan auto debet dan sebaiknya Anda sesuaikan tanggalnya dengan waktu gajian di kantor. Dengan demikian setoran poker online untuk tabungan DP rumah dijamin selalu lancar.

 

Dana untuk rekreasi

Tentu saja Anda tak dilarang untuk rekreasi atau sekedar hangout bersama teman demi menghilangkan stress. Caranya, setiap kali hendak pergi ke café Anda harus menyiapkan alokasi dana terlebih dahulu, misalnya maksimal 50 ribu untuk sekali jalan. Dengan demikian Anda tak boleh mengeluarkan uang lebih daripada budget tersebut. Jadikan ini sebagai kebiasaan untuk mengendalikan keuangan Anda.

 

Membawa uang tunai secukupnya

Tentu saja di dompet kita harus selalu tersedia uang tunai untuk berjaga-jaga bila ada keperluan mendadak dan mendesak. Untuk itu Anda bisa membawa uang tunai secukupnya saja, misalnya untuk membeli bensin dan makan siang di kantin kantor. Melihat uang tunai masih banyak di dompet akan memicu Anda untuk membeli sesuatu bahkan yang tidak penting.

 

Memanfaatkan teknologi canggih

Sebisa mungkin gunakan terobosan teknologi untuk memudahkan hidup sekaligus memberikan  manfaat secara keuangan bagi kita. Ini misalnya transportasi online baik ojek atau pun taksi yang menawarkan harga lebih murah dibandingkan jasa transportasi konvensional.

 

Berhenti membeli makan siang dan kopi

Walaupun tampaknya harga seporsi makan siang atau secangkir kopi tak terlalu mahal, tetapi bila Anda membelinya setiap hari di kantor ini bisa memboroskan uang Anda secara signifikan. Solusinya adalah membawa bekal dari rumah sehingga Anda tak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli makanan di luar. Bila dilakukan secara teratur Anda bahkan bisa menghemat uang gaji hingga 40%. Cukup lumayan, bukan? Keuntungan lainnya dari kebiasaan membawa bekal makanan sendiri dari rumah adalah lebih sehat karena Anda bisa mengupayakan untuk membuat menu sehat dengan lebih banyak sayuran segar misalnya. Selain itu proses memasak sendiri di rumah juga lebih bersih dan higienis.

 

Nah, tak sulit, bukan? Untuk meningkatkan penghasilan agar tabungan untuk membayar DP rumah terkumpul lebih cepat Anda bisa mencoba berburu penghasilan kedua dengan memanfaatkan keterampilan Anda. Menjadi guru les privat pada bidang yang Anda kuasai, mencoba bisnis toko online, atau menulis di internet bisa mendatangkan rejeki tambahan untuk Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*